Thursday, February 01, 2007

mari mengenal "mahkota kepala"

iseng ngeberesin rak buku..eh nemu buku lama,yg dah ga pernah dibaca lagi.
Lumayan tertarik dengan satu bahasannya..yaitu mengenai apa yg sering kita sebut dgn " mahkota kepala" . ialah rambut..yg kebanyakan kita muslimah yg berjilbab ini menganggapnya biasa. Padahal rambut juga merupakan salah satu yg memegang peran penting dalam tubuh kita. Yang juga memerlukan perawatan dan gizi yang cukup. Yang juga ikutan terpengaruh sesuai dengan situasi dan kondisi kejiwaan kita.
"Rambut rontok" adalah salah satu problema yg sering kali di hadapi oleh kebanyakan muslimah.sebenarnya bagaimana sih koq rambut itu bisa rontok ?
Rambut kepala kita melewati fase-fase perkembangan tertentu yg secara singkat dapat dijadikan 2 fase:
  • fase pertumbuhan
  • fase stagnasi (discontinue)
fase discontinue akan berlangsung selama 2 ampe 3 bulan,baru kemudian rambut rontok sama sekali tapi masih tersisa akar2 rambut yg mendapat sari makanan hingga nanti rambut bisa tumbuh kembali.Biasanya 90 % rambut kita termasuk dalam tipe pertumbuhan dan ini bersifat umum dan alami.sedangkan 10 % yg lain termasuk tipe stagnan,ini pertanda rambut mengalami kerontokan 50 sampai 100 helai perhari.
percaya apa enggak...pergantian rambut di kepala kita tuh sama ama pergantian jabatan pak presiden,5 tahun sekali ! rambut yg tumbuh di kepala kita tuh sekitar sratus ribu helai, rata2 kadar usianya adalah lima tahun dan tidak akan mengalami kerontokan secara total dalam fase waktu tertentu.

sekarang kembali ke permasalahan,jika kita mengalami kerontokan yg dahsyat dan terjadi dalam waktu satu hari saja,apakah penyebabnya ?
secara ringkas , adalah karena beberapa hal di bawah ini :
  • Kondisi kejiwaan
Dari ilmu pengetahuan yg berkembang kita dapati adanya keterkaitan yg sangat erat antara rambut dan kondisi kejiwaan seseorang,sehingga dengan demikian,jika terjadi tekanan kejiwaan,hal itu dapat menyebabkan Alopecia(kebotakan),yaitu dimana seseorang mengalami kerontokan rambut pada satu bagian atau beberapa bagian kepala.
(maka dengan ini tidak heran kan kalo kita liat para professor itu rata2 pada botak di tengah kepalanya :d .)
Kondisi kejiwaan dan gangguan saraf(Nervous) terkadang menjadi penyebab kita melakukan penarikan rambut pada bagian tertentu.Ini akan mengakibatkan rontok nya rambut pada daerah tertentu . (buat para pelajar khususnya saya..ati2 loh..kalo gak dapet jawab soal,ga usah di tarik2 rambutnya :) )
  • Pengaruh obat
Beberapa hormon dan obat2an serta obat kontrasepsi cenderung mengakibatkan kerontokan pada rambut,juga kalau mengkonsumsi vitamin dalam jumlah besar. Trus juga pada obat2an yang dapat menurunkan kolesterol,serta obat untuk penderita depresi.
  • Kehamilan
Dapat dipastikan bahwa rambut sangat di pengaruhi oleh hormon2 tertentu. Ketika seseorang hamil,otomatis akan terjadi perubahan hormonal. Jika di perhatikan ,maka akan tampak pada bulan2 pertama kehamilan,rambut wanita hamil cendenrung mengalami kerontokan sehingga rambut kepala menjadi lebih sedikit.adapun di masa bulan2 akhir kehamilan,rambut kepala akan jadi lebih lebat dan lebih lembut dibanding rambut yang tumbuh pada daerah tertentu di tubuh yg cenderung berkurang. Penyebabnya adalah hormon Estrogen yg meningkat pada trisemester akhir kehamilan!
Dan setelah melahirkan,produksi hormon ini menurun,yg akan mengakibatkan adanya ketidakseimbangan pada akar2 rambut sehingga terjadi kerontokan rambut dalam jumlah yg besar. Dan pengaruh tersebut akan sangat jelas setelah 3 bulan pasca melahirkan.

tips merawat rambut :
  1. Selalu menjaga gizi yg baik yg mengandung kadar vitamin yg cukup khususnya pd saat menyusui,masa pemulihan,dan menghindari begadang malam,menghindari kondisi yang sangat lelah
  2. Selalu menjaga kesehatan badan dan jiwa
  3. Selalu merawat rambut dengan baik dengan cara mencucinya 1 atau 2 kali seminggu.Untuk pemeliharaan rambut di perlukan pula pemijatan pada rambut setelah di cuci dan di keringkan dengan menggunakan minyak zaitun secara merata pada semua bagian kepala,dan di ketahui pemijatan selama 5 menit pada bagian kepala dapat memperlancar aliran darah di kepala,tapi pemijatan harus dilakukan perlahan karna jika terlampau keras memijatnya akan merusak rambut
  4. Jangan sekali sekali memakai sembarang sampo. gunakan sampo yg sesuai dengan tipe rambut. untuk kulit berminyak : baiknya menggunakan sampo yg mengandung zat sulfur. Untuk rambut kering : baiknya menggunakan sampo yg mengandung lanolin.
  5. Sebaiknya menggunakan sikat yg lembut untuk menyisir,dan yg ujungnya tidak terlalu rapat.lebih bagus kalau menggunakan sisir yg bulat dan ujungnya lembut
  6. Jangan terlalu percaya dgn iklah perusahaan kecantikan.Jika rambut butuh penguat dan mengalami kerontokan yg banyak,lebih baik langsung berkonsultasi ke dokter yg ahli.
sumber bacaan : Rahasia wanita dari A sampai Z
Syaikh Adil Fahmi

2 comments:

ummu nauroh said...

bukunya bagus ya ka pici...ringkas tapi padat...bagus ^-^ --> eh ,sama g yah bukunya :D pokonya gambatte baca2 bukunya trus sering syar d sini yah ^_~ --> huhu..maunya nh v3 tinggal baca aja :p

Ummu Zahra said...

ehh..punya juga yaa? ;) hihihi
hm..iya..banyak sih yg dibahas nya disitu..sampai detail2 kan ya? kayaknya sama la tu ndak? hehehe
hayoo fitri juga ganbatte sharingnya..
duh yg lagi sibuk ;) hehhehe