Friday, November 10, 2006

Ilmu syar'i dan Hapalan

Kalo ke bazar buku ,ngliat buku2 yang berderetan dengan berbagai warna gt..,duh serasa pengen beli smua." yang ini bagus deh,are...yang ini jg bagus,duh,,ini jg bagus,..yang mana satu yaa.. (kalo beli smua bangkrut jg donk) " ,hehe..sering kayak gt gaak?
Di rumah jg udah lumayan banyak deretan buku2 nih,dengan berbagai ketebalan,berbagai warna,dan berbagai macam topik.Adduh..tapi kenapa yaa,koq ghiroh ngebaca nya itu cepat amat ilang nya,koq sering kali di diemin buku nya? . Juga salah satu hal yang ngebuat kita kadang jadi ga semangat,karna udah ngebaca yg ini,eh besoknya lupa lagi.Nge hapal hadist ini,besok lupa. Hm..gak boleh kayak gt padahal kan ya.
Hm..,para ulama ketika membaca kitab2 ilmiah punya metode khusus,membantu tuk mengingat apa yg tlah kita baca.Yaitu dengan mencatat masalah2 yg tercecer di belakang kitab tadi.Juga,seiring dengan berganti nya hari,kita akan takjub sendiri,subhanallah..ternyata sudah lumayan banyak yg ku dapatkan/baca selama ini :)
Ilmu syar'i itu kan memang luas seperti lautan yg tak bertepi.Tapi orang berakal hanya akan mengambil sari pati nya. Salah satunya,menghapal matan.Syaikhul Islam mengatakan :" Siapa yang menghapal matan-matan,ia akan menguasai berbagai ilmu pengetahuan" . Ngomong2,apa itu matan? Menurut Istilah, matan merupakan susunan kalimat yang tercantum pada akhir sanad pada umumnya dan terkadang ditulis sebelum sanad, yang berarti teks dari khabar itu sendiri.(dari muslim.or.id).Dengan kata lain,matan ialah lafadz2 hadits itu sendiri.

Cara menghapal matan (menurut buku karangan Dr Abdul Muhsin bin Muahammad Al-qosim):
Kalau menghapal hadits,jangan kebih dari tiga hadits tiap harinya.Tapi kalo menghafal matan yang sifatnya kalimat2 bebas(tidak bersajak),maka jangan lebih dari tiga baris tiap harinya.InsyaAllah dengan cara seperti ini hafalan akan kuat.Dan tentu nya jg tidak boleh lupa untuk me muraja'ah(mengulang ulang) hapalan tsb.Konon Abu Ishaq Asy-Syairazy mengulang ulang pelajarannya hingga seratus kali.

Trus,ya jangan kecewa ,kalo ternyata kita mudah sekali lupanya.Baru baca kemaren,eh udah ga bisa nerangin.Paling cm bisa bilang "oh iya,dah baca,tau tau",tapi susah nerangin ulang.Wajar koq.Rasulullah aja pernah lupa dalam shalatnya,hingga beliau bersabda :
" Aku hanyalah manusia biasa seperti kalian,aku juga lupa sebagaimana kalian lupa " .
Dengan memahami hal ini,kita akan sadar bahwa lupa bukan lah berarti kita cacat karnanya. Kalaulah semua yg pernah di baca tidak terlupakan lagi,niscaya para ulama tidak perlu mengulang ulang pelajaran mereka,atau menekuni berulang kali,dan menghabiskan waktunya di halaman2 kitab tersebut .
Justru karna ilmu sering terlupakan,hingga membuat orang2 semakin sering mengulangnya akan bertambah pahalanya karnanya. Sungguh merupakan rahmat Allah,ketika seorang penuntut ilmu terhitung beribadah ketika memuraja'ah ilmu yang dipelajarinya agar tidak lupa.Ketika itu sebenarnya ia sedang melakukan suatu ibadah agung yang akan mengangkat derajatnya kelak di akhirat.
Karna juga ada hadits yang mengatakan(lupa riwayat sapa,ada yang tau?kasi tau yah,kalo tau)
"dunia ini terlaknat seluruh isinya kecuali dzikrullah,para pengajar dan para pelajar "

Karna itu,yuk semangat tholabul ilm nya ^-^ saling ingetin yaah

3 comments:

Ya said...

un^_^..ntah kenapa jd inget waktu zaman yamabuki dulu...

Anonymous said...

Tentang hadits yang dunia terlaknat itu kpit..
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anh, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Dunia ini terlaknat, terlaknat juga apa yang ada didalamnya, kecuali dzikrullah dan segala yang mendukungnya, serta orang yang belajar ilmu dan mengajarkannya"
(HR.At-Tirmidzi, dan berkata "Hasan shahih")

Ganbarou ne...

Ummu Zahra said...

Iya --> yang mananya yg ngingetin Ya? yang kalo kita ke srit suka liat bazar buku? ato ghiroh ngebaca buku dulu lebih kuat dr sekarang? ato yg pas kita suka kumpul bareng2 sambil berbagi dulu? semuanya dane ! ^-^ ,un..natsukashii yo..


dek yun
-->aa..souka.Alhamdulillah.Arigatou^-^ .Nyatat di catatan,Isi nya pulak cuman.Ndak ada sanad nya.. :D .Shiritakute..,yatta! ^-^

un,ganbarou!