Sunday, October 08, 2006

Hanya dengan Air Putih!

Mungkin banyak di antara kita yang selama ini menganggap sepele air putih.Air putih ini memegang peranan penting sekali dalam tubuh kita.Sebagaimana kita ketahui,tubuh memerlukan asupan lebih kurang 8 gelas perhari.Memang,otak memiliki sensor khusus yang memberi perintah untuk minum ketika kadar air dalam tubuh menurun,yang di namakan "haus". Tapi sesuai dengan berjalannya usia,sensor haus akan kurang menurun sehingga menimbulkan resiko tidak cukup minum.Kadang kesibukan membuat kita tidak sempat minum dan dapat menyebabkan masalah serius yang berhubungan dengan masalah ginjal dan konstipasi.Umumnya semua sisa metabolisme akan larut dalam cairan dan dibawa urin keluar tubuh.Jika tidak cukup minum,sisa itu akan mengental dan membentuk kista batu ginjal.

Karena itu,kita di anjurkan minum paling sedikit 1 l lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Dengan melihat urin di pagi hari kita dapat mengenali cukup tidaknya kita minum.Bila sepanjang malam kita kurang minum,keesokan harinya urin akan berwarna pucat kuning atau jernih.Jika berwarna gelap,berarti sisa dalam urin kental.Ini tanda bahwa kita cukup minum.

Nah bagaimana jika air dalam tubuh kita kurang? Tubuh akan menyesuaikan dengan cara mengambilnya dari komponen tubuh itu sendiri.Yaitu dari darah.Sehingga darah akan menjadi kental dan perjalanan darah pun akan terganggu.Trus..darah ni tentunya juga melewati ginjal yg fungsinya menyaring racun dari darah.Saringan ginjal ini sangat halus sehingga kalau darah kita kental,tentunya si ginjal harus kerja keras donk.Kalau terus2an..ginjal bisa rusak dan bukan tidak mungkin kita akan mengalami yang namanya cuci darah.Belum lagi dengan otak,Perjalanan darah yang kental itu bisa terhambat saat melewati otak.Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati.Ini salah satu penyebab timbulnya stroke. (hiy..koq tiba2 jadi ngeri gini yah..)

Berhubung sekarang lagi bulan ramadhan..yuk sama2 jaga asupan air kita(trutama buat diri sendiri nih :D) ,antara masa2 berbuka dan sahur.Asupan air gak hanya dari air putih lo..tapi dari kuah sup,soto,susu,kopi,teh dan lain2.
Ada buaanyak manfaat air putih.Mo tau di antaranya? yuk liat di sini ^-^.atau di sini jg boleh.

No comments: