Sunday, July 16, 2006

Tetaplah diatas jalan Rabbmu

Assalamualaykum;
Ingin aku lukiskan perasaan ini dalam tulisan aku kali ini.Sebelumnya aku ingin ingatkan diriku dan engkau wahai saudaraku...dengan satu hadist shahih yg diriwayatkan oleh imam ahmad,abu daud dan at-tirmidzi,hadist itu berbunyi...
"Berkata al-irbadh bin sariyah radiallahu anhu,"suatu hari Rasulullullah sallallahu 'alaihi wassallam pernah shalat bersama kami kemudian beliau menghadap kami dan memberikan nasehat kepada kami dengan nasehat yang menjadikan air mata berlinang dan membuat hati bergetar,maka seorang barkata:"wahai Rasullullah nasehat ini seakan-akan nasehat dari orang yang akan berpisah,maka berikanlah kami wasiat.'maka Rasullullah salallahu 'alaihi wassallam bersabda:"aku wasiatkan kepada kalian supaya tetap bertaqwa kepada Allah,tetaplah mendengar dan taat,walaupun yang memerintah kalian adalah seorang budak habasyah.sungguh,orang yang masih hidup diantara kalian setelahku maka ia akan melihat perselisihan yang banyak,maka wajib atas kalian berpegang teguh pada sunnahku dan sunnah khulafaur rasyidin yang mendapat petunjuk.gigitlah ia dengan gigi gerahammu.dan jauhilah oleh kalian perkara-perkara baru,karena sesungguhnya setiap perkara yang baru adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat."
Ya begitulah nasehat nabi kita salallahu 'alaihi wassallam kepada kita.Selanjutnya ingin aku bawakan lagi satu hadist riwayat bukhari muslim dari sahabat muawiyah radiallahu anhu.
Rasulullah salallahu 'alaihi wassallam bersabda:"senantiasa akan ada segolongan dari umatku yang selalu dalam kebenaran menegakkan perinta Allah,tidak akan mencelakai mereka orang yang tidak menolongnya dan orang yang menyelisihinya sampai datang perintah Allah dan mereka tetap diatas yang demikian itu."
Kemudian dari sahabat abu hurairah ,rasulullah salallahu 'alaihi wassallam bersabda:"islam awalnya asing dan kelak akan kembali asing sebagaimana awalnya,maka beruntunglah bagi al-ghuraba'(orang-orang asing).hadist ini riwayat muslim.
Itulah yang telah nabi kita kabarkan kepada kita semua tentang umat ini.tentang apa yang akan dialami umat ini setelah wafat beliau salallahu 'alaihi wassallam.
Mari kita renungkan bersama ketiga hadist diatas.......
Kita sudah bisa melihat dengan mata kepala kita sendiri dengan realita yg telah nabi kita sabdakan 1400 tahun yg silam.yang bisa katakan adalah semua yang dikatakan nabi kita telah terbukti.Lihatlah..orang-orang yang berusaha menjalankan sunnah nabi malah dianggap orang aneh.orang yang fanatik dan sebutan2 lain.sedang orang yang tenggelam dalam lumpur bid'ah dianggap sebagai orang-orang mulia yang dihormati manusia.
Lihatlah..ketika laki-laki dan perempuan telah bercampur baur dan menganggap bahwa sekarang adalah zaman emansipasi,era globalisasi.Astagfirullah...kita tidak bisa pungkiri bahwa tidak ada manusia yang sempurna,bahkan aku sendiripun...adalah manusia yang hina.hanya saja atas kebesaranNYA..Dia masih menutupi aib2ku..
Meskipun demikian aku tetap ingin berusaha mengajak diriku dan saudaraku,dan aku tidak rela..ketika saudaraku melanggar perintahNYA...apalagi terhadap orang yang sangat kita cintai..seperti orang tua kita mislanya..istri kita,anak-anak kita maupun saudara-saudara kita...
adakah orang yang rela..ketika melihat orang yang dia cintai terjatuh???orang2 yang berakal tentunya menjawab"tidak"...
Orang-orang yang berusaha menjalankan perintahNYA dan sunnah nabinya..tentu akan menghadapi masalah besar ditangah gelombang pemikiran masyarakat saat ini.memang begitulah ketentuannya...karena Allah memang benar-benar ingin menguji mana hamba2nya yang betul2 beriman kepadaNYA.Bukankah jalan menuju surga dipenuhi dengan hal2 yang tidak disukai dan jalan menuju neraka dipenuhi dengan hal2 yang menyenangkan...inilah gambaran kepada kita betapa sulitnya meraih ridhaNYA.tapi kita tetap harus berusaha bukan dengan memohon kepadaNYA kekuatan untuk tetap meneguhkan kita diatas jalannya yang lurus.
Ya...terkadang manusia itu tak kuat menghadapi semua permasalahan itu sendiri kamo..maka dari itu kita harus senantiasa berdoa padaNYA agar diberi kekuatan..dan mungkin memang untuk menhadapi permasalah2 itu butuh pendamping kali ya...manusia kan emang makhluk yang dhaif.
Hmmmm..sebelum aku akhiri tulisan aku ini..aku ingin sedikit cerita tentang latar belakang yang mendorong aku menulis tentang hal ini.
Kemaren malam betul-betul jadi sebuah cerita baru dan pelajaran baru dalam hidupku..ketika aku betul2 merasa hancur..tapi atas kebesaranNYA,Dia masih memberiku kesabaran..
Aku tahu..dia sudah berusaha..aku juga tahu dia merasakan hal yang sama.takut ketika Allah murka padanya..tapi aku juga sadar..dia juga manusia yang lemah...aku hanya tak ingin dia lalai,aku hanya tak ingin dia melanggar perintahNYA..aku hanya ingin Allah memuliakannya...
aku yakin..apa yg telah terjadi kemaren bisa jadi sebuah pelajaran bagiku dan baginya...
insyaAllah..aku akan berusaha melindunginya..aku akan berusaha untuk jadi chikaranya..dan aku akan berusaha untuk tidak meninggalkannya sendiri dalam perjuangannya...
Saudaraku...aku nantikan doa darimu...
agar Allah memberikan kesabaran padaku dan padanya...
untuk tetap istiqamah diatas jalanNYA...
dan agar bisa cepat menyatukan kami...diatas keridhaanNYA
agar aku bisa menjaganya..dari ganasnya dunia...
aku ingin mengakhiri tulisan ini dari perkataan ibnu mas'ud radiallahu anhu:"al jamaah adalah yang mengikuti kebenaran walaupun engkau sendirian"
Mudah-mudahan Allah menjadikan kita semua termasuk hamba-hambanya yang senantiasa berusaha untuk tetap istiqamah diatas jalanNYA.
terakhir aku ucapkan wassalamu 'alaykum warahmatullahi wabarakatuh.......

note:chikara:kekuatan/tenaga

dari hamba yang dhaif(abu hudzaifah)

5 comments:

Ya said...

ini pici yang nulis?

Ummu Zahra said...

:D bukan Ya,,,
itu..seperti yg tertulis di bawah :D

amelisa said...

huaa..keren

Ya said...

tte iu koto ha... ^_^
bagus banget..

Ummu Zahra said...

:)
hehe...dare darou
mudah2an do'anya si penulis terkabul ya..
semoga kita selalu di beri kekuatan untuk selalu bisa istiqomah...sekeras dan sesulit apapun jalan itu..aamiin..
Ha~..muzukashi da yo naa..ganbarou