Thursday, July 13, 2006

berbagai macam "bahagia"

Bahagia itu apa..? .Mungkin kebanyakan kita tidak bisa mendefinisikannya dengan kalimat.Ya..,,mungkin.Bahagia itu susah untuk di maknakan.Tapi bahagia itu bisa di rasakan.Bahagia itu ada di hati.Jika hati kita merasa tenang,tentram,merasa cukup,mngkin itu bisa di namakan bahagia.Ketika kita terlihat tersenyum lepas,dengan air muka yg ceria,mngkin ini juga bahagia.Ketika kita lulus ujian misalnya,kita mngkin akan berkata "ku bahagia sekali",ya..dan ini pun ,hati yang mengatakannya.Ketika di tanya "bahagia?,bahagia yang bagaimana? " sulit sekali mengungkapkan nya."pokoknya bahagia ",,akhirnya jawaban inilah yang keluar :D

hmm..bahagia.Ada juga mngkin org yg kita liat tertawa dan tersenyum,tapi bisa jadi hatinya gundah dan sedih.Dia tertawa hanya karna tak ingin org lain tau kegundahannya.
Apakah ini bisa di namakan bahagia?Bahagia atau tidaknya,hati yang merasakannya.

Ada juga bahagia karna limpahan harta dan kemewahan.Ini bahagia? Ya,mngkin bisa di katakan bahagia,tapi hanya lah bahagia semu.Yang akan hilang seiring hilang nya harta dan kemewahannya itu

Ada lagi,bahagia yang tidak bisa di nilai per saat,tapi bahagia yang di nilai dalam rentang waktu yg tidak sebentar.Misalnya,sepasang suami istri yg sudah menikah lumayan lama.Suatu waktu,sang istri di buat menangis dan bersedih disebabkan bertengkar dengan suami nya.Ketika pada waktu menangis itu kita tanyakan," kamu bahagia?",mngkin yang kluar hanya tangisan ,,dan ego,mngkin.Tapi besoknya,ketika masalah sudah selesai,dan tawa muncul kembali,kita tanyakan lembali "kamu bahagia",mngkin akan dijawab"ya,saya bahagia hidup denganmu".Artinya,bahagia dengan pasangannya.Nah lo,kemaren,koq gak ngejawab.hmm,ya kalau dipikir2,wajar saja begitu,memang waktu itu lagi ada masalah.Tapi,bukankah tidak bisa di katakan,bahwa berarti tidak bahagia dengan pasangannya itu kan?.
Dari sini mngkin dapat di nilai,,bahwa..itulah bahagia.hari ini datang,besok bisa jadi berganti.dan esoknya muncul kembali.Tapi bukan berarti kita tidak bahagia.Perlu penerimaan dan pemahaman disini,bahwa,bahagia tidak kekal.Berterima kasih lah kepada sedih,karena dia ada,bahagia dapat di rasakan ,setelah itu.Ini jg adalah salah satu macam bahagia.

Ada juga bahagia,yang memang karna langsung berhasil mendapatkan apa yg di inginkan,tanpa di dahului gagal,tanpa di dahului sedih.

Mungkin juga kita bisa gabungkan,memisalkan bahagia seperti bahagianya seorang istri terhadap suami nya yg di atas tadi. Dalam hidup kita ini,tentu ada sedih dan ada senang.ketika sedih,di tanyakan bahagia ato tidak,tentulah susah menjawabnya.Tapi esok hari ketika sedih berganti,mngkin kita bisa mengatakan dg lantang "saya bahagia".

hmm..bahagia juga bisa dikatakan akar2 semangat.Layaknya puzzle,anggap lah kepingan2 bahagia itu penyusun puzzle semangat.Dengan kepingan bahagia itu,tersusun semangat kita.Dan peranan sedih disini,mngkin buat kita terlupa sesaat,bahwa ada semangat,yang telah kita susun dg susah payah.Tapi setelah sedih itu hilang,semangat akan timbul kembali.

berarti,,semangat= bahagia ?? hmm...

Tulisan di atas bisa jadi salah ,mngkin bisa jadi jg benar.Hanyalah pendapat yg punya blog.Dan sangat mungkin sekali,akan berbeda dengan pendapat yang lain.Karna bahagia...tempatnya dihati.Hati yang merasakannya.

4 comments:

onde-onde said...

kakkou ii ^-^

Ummu Zahra said...

:D wakannai naa..koq tiba2 jadi pngen nulis ttg bahagia.hehe..
mngkin,,krna di blog nya afifah ma Iya jg lg ngomongin bahagia kana..^-^

amelisa said...

heheheh ini blog nya adek ya
baru tauuu saya!!

ci dulu juga sering mikir2 bahagia itu sbnrnya ap ya..
sering kali kita menganggap kesenangan adalah kebahagian
yaa..secra ndak sngaja nganggap nya
tapi..klo dipikr2 lagii,tentulah beda ya..bahagia dan kesenangan

truss..waktu tu g sengaja nemu artikel ttg bahagia
ternyata..menurut beliau (kyak nya beliau seorang psikolog)
bahagia tu ada dua
bahagia subyektif dan objektif
klo subjektif..kebahagiaan yang diukur oleh diri sendiri
sedangkan yang objektif diukur dari batas2 diluar disi kita

jadi gini..biasanya bahagia subjektif ditandai oleh perasaan puas yang panjang,penuh kendali terhadap diri dan memiliki arti
jadi..orang yang mengalami kegagalan jarang kali mengatakan dy bahagia
lah wong dy ga puas gitu loh
lain dengan pemakai narkoba..klo ditanya bahagia ato gak..kmungkinana mereka menjawab bahagia..
namanya juga bahagia subjektif
bahagia or not trganting cara kita sendiri yang nilai

klo bahagia objektif..klo di kita
diukur dari nilai agama
kan ada tuh..diAlquran (ci lupa kata2 tepatnya)
"Wahai orang-orang beriman, rukuklah dan sujudlah, beribadahlah kepada Tuhanmu serta berbuatlah kebaikan supaya kamu berbahagia"

yahhh kira2 begitulah dek
klo salah..moon maaph

Ummu Zahra said...

wahh..uci..^-^ .arigatou.bisa di jadiin sankou lg nih,,bahagia tte..
Nee,,sou ieba...mngkin yang seringkali kita rasakan (tokuni atashi kana) itu adalah bahagia subjektif kamo ne..
bahagia ka...shiawase ni naritai yo ne....