Tuesday, June 13, 2006

dendeng bagiling :D

hmm,,kmren kepingin buat dendeng ,, nanya deh ke mama,,ya gak sempurna sih,,tapi alhamdulillah..jadi lah :D
buatnya gak susah koq,,ni resepnya ya...kalo ada yg mo ikutan nyoba ^-^

Daging 1 kg -> diiris tipis kayak daging dendeng,, trus di rebus ama bawang putih,,ketumbar dan garam (hmm,,ukuran bwng putih dan ketumbar nya,,bawang putih 5 siung kayaknya,,lupa :D..ketumbar nya 2 sndok teh ato lbh,,feeling deh,,hehe..)
tunggu ampe kuah rebusan agak habis(tapi jangan sampe habis kali) dan daging matang.
Angkat,ambil dagingnya,,sisih kan kuah nya. Daging nya di "tokok"(kalo org minang bilangnya gini nih :D,,, "di pukul").Buat yg di sini,,ato di negri lain,,mngkin gak bawa gilingan lah ya..hehe...
pake boubatang bulat) biasa jg boleh,,di giling aja,,,ampe pipih..kayaknya lbh praktis deh (penemuan baru,,jadi "dendeng bagiling" hehe...)

abis tu,,goreng deh (jangan kelamaan,,soalnya dagingnya kan udah mateng)

*buat cabe nya,,ya kayak biasa aja. Cabe,,bawang putih,,bawang merah(tamanegi),,gak usah pake garam lagi (udah ada di kuah rebusan yg bakal di masukin belakangan),,haluskan
->tumis,,dah masak cabenya,,masukkan irisan tomat(kalo tomatnya dikit ,,tambah kan air perasan jeruk nipis sikit,,kalo ada).trakhir,,masukkan kuah sisa rebusan daging tadi,,tunggu ampe kuah nya abis,,trakhir masukkan daging yg udah di goreng td.

*NB: #hehe..gak kayak nulis resep ya,,maap..gak profesional nih.
#garamnya kalo dah di masukin di kuah rebusan,,jgn di masukin ke cabe lg,,ntar asin. Tapi betsuni kalo masukin ke rebusan nya dikit,,ya gpp....di coba2 aja yah..

resep ala my mom,,met mencoba.. ^-^

No comments: